Ketika Sebuah Lagu Membuatku Menangis

Lagu adalah sebuah karya yang diciptakan oleh musisi. Yang acapkali, lagu dijadikan sebagai tempat pencurahan isi hatinya. Sebuah lagu terkadang ada yang memiliki pesan tersirat. Yang hanya terkadang pada saat tertentu kita bisa memahami hal tersebut. Atau juga kita bisa menjadi menyukai sebuah lagu saat kita mengetahui bahwa lagu itu isinya "gue banget".



Saya termasuk juga penyuka lagu-lagu, yang kadang saya sesuaikan dengan keadaan dan kondisi perasaan saya. Seperti misalnya saat kita sedang bersedih, kita bisa memahami maksud dari sebuah lagu yang bersifat membangkitkan semangat, terkadang emosi kitapun terbawa menjadi sedih. Atau saat kita merasa rindu dengan seseorang, kita akan begitu menyukai lagu yang berbau-bau perasaan rindu.

Tatkala kita merasakan yang namanya satu chemistry dengan sebuah lagu, emosi kita bisa berubah mengikuti bagaimana alur perasaan yang dibawa lagu tersebut. Karena lagu, kita bisa menjadi sedih, terharu, terhenyak, menjadi ceria kembali, bersemangat, membuat hati kita bergetar dan bisa membuat kita sampai menangis tersedu-sedu.

Ada sebuah lagu yang sangat tidak saya sangka bisa membuat saya begitu merinding, begitu terenyuh ketika mendengarnya di suatu momen. Lagu gubahan W.R Supratman. Lagu yang ketika kita masih di bangku sekolah sering kali kita nyanyikan saat upacara bendera. Indonesia Raya, itulah lagu yang saya maksud. Lagu kebangsaan Indonesia.

Sewaktu kita di bangku sekolah lagu ini sering kita nyanyikan berbarengan dengan pengibaran bendera merah putih setiap upacara bendera. Jujur, saat itu saya sama sekali tidak menghayati malah asik bersenda gurau dengan teman saya.

Miris, tapi itulah kenyataannya. Lagu itu seakan hanya menjadi sebuah lagu biasa dan upacara bendera yang tujuannya mewujudkan rasa nasionalisme pun hanya menjadi sebuah seremoni yang bersifat formalitas belaka. Saya tidak tahu bagaimana perasaan para pahlawan kita yang berjuang demi kemerdekaan kalau mengetahui perilaku kita saat ini.

Sampai satu saat, ketika saya menyaksikan langsung tim nasional Indonesia berlaga di Gelora Bung Karno (Baca juga: Timbulnya Getaran Nasionalisme) Momen yang benar-benar saya nantikan semenjak saya kecil, yaitu bernyanyi Lagu Indonesia Raya di Gelora Bung Karno.

Ternyata momen yang saya nantikan itu benar-benar menjadi momen yang bersejarah bagi pribadiku. Saat itu ternyata lagu Indonesia Raya mampu membuat hati saya bergetar dan membuat air mata saya mengalir. Ketika itu semua bernyanyi dengan serentak dan seakan stadion itu bergemuruh dan akan runtuh. Menyaksikan dan mendengarkan puluhan ribu orang di stadion tersebut berdiri serta bernyanyi dengan lantang seketika membuat jiwa patriotisme saya muncul.

Lagu itu benar-benar membuat saya merasa satu dengan penonton-penonton lain. Kami merasa menjadi satu kesatuan. Tidak lagi ada pemikiran siapa dia, berasal darimana dia, pekerjaannya apa, kami benar-benar menjadi satu saat itu. Semua masalah kehidupan yang kita hadapi pada saat menyanyikan itu terasa hilang. Yang ada hanya perasaan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Pasti semua yang merasakan momen itu, merasakan rasa haru dan bahagia.

Itu adalah suatu keajaiban dari sebuah lagu kebangsaan yang acapkali kita pandang sebelah mata. Bisa kita bayangkan bagaimana bila kita menjadi bagian dari zaman perjuangan kemerdekaan tahun 1945, kemudian jadi bagian dari sebuah rapat di lapangan ikada pada tahun 1965. Mungkin tidak bisa kita ungkapkan dengan kata-kata getaran yang timbul saat menyanyikan Indonesia Raya di antara massa yang jumlahnya ratus ribuan itu.

Sekarang banyak di antara kita yang selalu merendahkan bangsa kita sendiri. Banyak yang berandai-andai tinggal atau menjadi warga negara lain karena mereka kecewa serta tidak bangga menjadi bagian bangsa Indonesia. Banyak juga dari kita yang mencemooh dan menganggap remeh nasionalisme. Mungkin saran saya, datanglah saat tim nasional sepakbola kita bertanding, dan hayatilah ketika lagu kebangsaan dinyanyikan. Mungkin itu bisa menjadi terapi nasionalisme.


Saat ini memang bangsa kita tengah berada dalam berbagai masalah. Sebenarnya itu merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai anak bangsa Indonesia untuk mengembalikan kebesaran bangsa kita.


Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 comments:

Post a Comment

 
hostgator coupon