Timbulnya Getaran Nasionalisme


Hari itu adalah pertama kalinya saya merasa sangat bangga menjadi warga negara Indonesia. Saat itu juga saya pertama kali merasakan getaran yang sangat kuat di hati yang membuat saya meneteskan air mata.


Hari itu adalah tanggal 1 Desember 2010. Hari yang biasa-biasa saja bagi kebanyakan orang di Jakarta. Namun tidak bagi saya, yang seorang pecinta sepakbola. Hari itu adalah pertandingan pertama tim nasional Indonesia dalam gelaran AFF Cup.

Saya hadir dengan dua orang teman saya untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Indonesia melawan Malaysia. Cukup seru, karena saat itu hubungan kedua negara tengah memanas. Namun bukan itu yang menjadi daya tarik saya.

Adalah saat para pemain tim nasional Indonesia memasuki lapangan dan kemudian diikuti dengan seluruh penonton sama-sama berteriak Indonesia.. Indonesia.. yang berhasil membuat saya merinding. Saat itu saya dan penonton lainnya menjadi satu memberi dukungan kepada satu nama, Indonesia. Tidak peduli siapa dia, latar belakangnya, pekerjaannya, atau sukunya.

Tapi yang lebih membuat saya benar-benar bangga menjadi seorang warga negara Indonesia adalah saat seluruh stadion menyanyikan lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Seluruh penjuru stadion bergemuruh karena semua yang hadir menyanyikannya dengan lantang. Dihadapan kami dan para pemainpun terbentang sang Merah Putih, di dada pemain dan kami yang memakai jersey tim nasional Indonesia terpasang lambang Burung Garuda. Saat itu, detik itu hati saya bergetar dan meneteskan air mata. Saya benar-benar merasakan getaran perasaan bangga dan jiwa patriotisme saya timbul. Saat itu saya benar-benar sadar bahwa apapun itu bagaimanapun itu, saya tetap bangga dan cinta pada bangsa ini, bangsa Indonesia.

Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku.

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 comments:

Post a Comment

 
hostgator coupon